Sabtu, 20 Juni 2009

DUKA CITA ANAK SEKOLAH

karena postingan gue kali ini berhubungan sama postingan gue yang dulu, maka gue copy lagi artikel gue yang dulu, yang isinya teori gue sendiri.

sekolah.
definisi: penjara para anak anak sampai dengan remaja.hidup mereka dikekang oleh lembaga pendidikan satu ini.


seperti kebanyakan anak sekolah lainnya,gua salah satu yang udah cape ngikutin kegiatan ini.
bangun pagi,solat,sekolah,ngerjain pr kalo ga dikerjain,di bilang males, atau ga menghargai guru yang mengajar.
diharuskan menguasai lebih dari 16 pelajaran(ga harus sih.minimal memenuhi ketentuan KKM)
nilai KKM 75 .
75?? buat gue itu besar untuk didapatkan dalam 16 pelajaran.
alhasil,jalan keluar para pelajar INDONESIA, 'CHEATING' atau dlm indonesia disebut dengan nyontek.
cara penuh dosa ini udah jd hal umum.dan semua tau ini adalah PEMBODOHAN!
tapi apa mau dikata,beban yg dberikan sekolah terlalu berat.
jadinya ya gua juga jd salah satu cheater di indonesia.
kenapa ga ada sekolah matematika?sekolah ipa?sekolah gambar?sekolah ips?
temen gua ada yang kuliah tata boga.
hello?lo menghabiskan waktu 12 taun utk belajar ipa,ips dll, ternyata ujungujungnya jadi koki?
perlu logaritma buat nuangin garem?perlu tau berapa tekanan yg perlu diberikan pas bikin adonan?atau harus tau sejarah siapa yang nemuin kue risol?
kalo gue jadi dia,dari kecil seharian gua bantuin mama masak aja jadi ntar gua bisa jadi koki hebat!plok.plok.
lanjuuuuut,
ada ibu berkata pada anaknya
ibu: "kamu tuh mau jadi apa?"
anak: "pelukis bu"
ibu: "pelukis? boh ya gmn dapet uangnya toh nak"

memang banyak orang tua bilang,lebih baik menjadi ilmuan daripada menjadi seniman.

(postingan Jumat, 10 April 2009)


oke lanjut ke cerita pengalaman sekolah gue selama ini, tapi sebelumnya, cerita ini hanya gue dedikasikan untuk anak anak sekolah yang penuh duka, jadi buat lo yang merasa anak sekolah yang masih enjoy menjalani kegiatan belajar mengajar di sekolah mending ga usah baca postingan ini karena akan menjadi tidak penting buat lo.

gue punya kaka, namanya YUNIARTY PUTRI atau biasa dipanggil PUTRI kalo di rumah, atau PUTER kalo sama temen temennya.
waktu kaka gue mau masuk SD, bokap nyokap gue sempet berantem, bokap maunya nyekolahin dia di sekolah deket rumah gue, ga jauh tinggal jalan kaki, papa bilang itu sekolah kandang ayam karena letaknya yang deket kandang ayam hahaa
tapi mama ngotot sekolahin dia di SD yang agak jauh, alasannya? karena di sekolah itu banyak yang pake mobil, akhirnya bokap gue ngalah.
waktu gue mau masuk SD beda lagi ceritanya, bokap malah ngotot gamau nyekolahin gue, karena dia pikir dengan ngedidik gue di rumah sendiri, dan ga perlu mempelajari banyak pelajaran cukup satu pelajaran aja, gue bisa jadi orang sukses.
kata kata mutiara bokap:
1. engga akan pernah bisa sukses kalo mau bisa menguasai semua hal, cukup satu hal, lalu fokus, dan kamu sukses
tapi nyokap sebaliknya, dan akhirnya bokap ngalah lagi, tapi nyokap juga ngalah untuk urusan dimana gue bakal sekolah, alhasil jadi lah gue sekolah deket rumah, di deket kandang ayam itu yang kebetulan kandang ayamnya udah engga ada kok.
hasilnya? gue lebih rajin dari kaka gue.
bukan bermaksud menyombongkan diri, denger dulu apa sebabnya,
sebabnya simpel aja, gue orangnya PENAKUT, takut dimarahin guru, takut dimarahin papa mama, makanya gue jadi rajin biar ga dimarahin
beda sama kaka gue yang sangat PEMBERANI dan PEMBERONTAK, dia sih mau dimarahin sebodo amat, kadang gue iri banget sama dia kenapa dia terlahir menjadi PEMBERANI.
kesimpulan paragraf :
1. dimana pun lo sekolah, engga ngaruh, semua tergantung manusianya sendiri apakah lo terpengaruh lingkungan atau tidak?

suka cita di SEKOLAH DASAR
dapet nilai bagus, makanya sering dikasih hadiah sama papa(sabar dulu gue ga maksud sombong)

duka cita di SEKOLAH DASAR
hidup gue kurang bahagia waktu SD.
kenapa? gue sangat takut kalo tiba tiba ga dapet nilai bagus lagi, gue takut ga menang lagi, gue takut gagal. hidup gue penuh tekanan yang gue ciptakan sendiri sampe akhirnya bokap mengeluarkan kata kata mutiaranya lagi:
2. jangan pernah takut untuk kalah atau gagal
simpel kan? pasaran banget
tapi papa gue yang satu itu bisa mengembangkan kata kata ini menjadi sesuatu yang besar !
papa: kalo kamu takut kalah, atau takut gagal, berarti kamu sombong, dan ga percaya kekuasaan Allah yang bisa melakukan hal apapun, temasuk membuat kamu kalah
ga percaya kekuasaan Allah? oh tidak.
dari situ gue belajar dan mencoba untuk berubah. (azek)

masuk ke SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
iyap dari sini gue berjanji untuk berubah,

suka cita di SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
dengan memberikan nilai rapot gue bisa masuk ke SMP Negeri 1 BEKASI.
gue tau di sekolah ini banyak orang orang pinter, makanya gue gamau terobsesi untuk menjadi seorang 'pemenang' di sekolah ini.
pas pertama masuk kelas satu, bener aja orang pinter semua isinya, saingan ga keitung, sampe akhirnya gue hopeless (asik deh kan uta lebay)
banyak yang gue rubah semenjak SMP:
1. jangan menganggap temen kamu saingan
2. jangan terobsesi menjadi yang terbaik, cukup menjadi yang baik
dari dua hal yang gue rubah ini, gue baru ngerasain yang namanya kebahagiaan(lebay)
hidup tanpa beban obsesi apapun, dapet temen atau sahabat yang baik, tanpa mengganggap mereka itu saingan yang harus lo jatuhkan, just LET IT FLOW, maka inilah gue sekarang, seorang siswa SMP NEGERI 1 BEKASI yang biasa biasa aja, sangat tidak dianggap atau diperhitungkan tapi sangat bahagia hidup tanpa tekanan obsesi ga penting.

duka cita di SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
seneng sih seneng, tapi duka tetep selalu ada.
di sekolah terlalu banyak tugas, terlalu banyak materi yang harus dikuasai(kurang lebih 16 pelajaran), terlalu tinggi nilai yang harus dicapai, terlalu sering guru tidak masuk karena alasan yang tidak jelas
karena hal hal keterlaluan diatas, terciptalah kegiatan contek menyontek sementara semua guru selalu meneriakkan bahwa itu perbuatan salah, dosa, pembodohan atau apalah.
iya gue setuju banget menyontek itu suatu pembodohan, tapi balik lagi ke artikel gue diatas, kenapa mesti terlalu banyak yang harus dipelajari di sekolah? apa anak anak tidak punya pilihan?
alhasil inilah gue dan sebagian besar anak anak sekolah lainnya sekarang, terus manjalani kegiatan belajar mengajar di sekolah diiringi dengan kegiatan menyontek, dan semua membuat kita terbelenggu serta tidak mendapatkan banyak ilmu yang harusnya kita dapatkan selama 3 tahun ini.

sering mengikuti pertandingan basket menyebabkan waktu gue sering terbuang untuk latihan, alhasil?
coba liat lagi kata kata mutiara bokap yang kedua, dia bener, nilai gue turun drastis di sekolah mulai dari kelas 1 sampe kelas 3.(walaupun emang sebenernya nilai gue ga pernah tinggi HAHAHA)
kita emang harus fokus sama satu hal, engga bisa mau menguasai semuanya.
sedih tapi sesal emang engga berguna, mungkin lain kali gue bisa ngatur waktu lagi.

semenjak gue SMP dan sering menghadapi kesulitan mengejar pelajaran, bokap gue selalu nawarin gue untuk homeschooling

papa : kamu homeschooling aja, belajar matematika, bahasa inggris, sama komputer, ga usah belajar yang lain. ijazah itu ga penting nak. keponakan papa banyak yang lulus kuliah punya ijazah tapi pengangguran

ih gila! asik kan tuh hidup gue kayaknya bakal tentram, tapi satu satunya yang menjadi halangan gue buat homeschooling adalah: temen temen
hidup emang penuh pengorbanan (lebay)
tapi temen temen engga bisa di korbanin (asik deh)
iya kalo homeschooling gue ga bakal dapet temen.
kata kata mutiara bokap:
3. ijazah itu engga penting, yang penting ilmunya

sekarang gue udah lulus SMP, dan masih bingung mau nerusin sekolah atau engga, karena gue ga yakin bisa sukses kalo terus ngikutin kegiatan belajar mengajar di sekolah yang terlalu memberatkan.

bisa bayangin? gimana kalo gue sekolah desain aja? gue bisa kerja di bidang desain grafis nantinya dan pasti menjadi ahli, secara kerjaan gue cuma belajar desain
bisa dibayangin? gimana kalo gue belajar pembukuan di komputer aja? gue bisa kerja di bank nanti dan pasti menjadi ahli, secara kerjaan gue cuma belajar pembukuan
bisa dibayangin? gimana kalo gue masuk club basket dan kerjaan gue cuma main basket aja? gue pasti bisa ke amerika masuk tim basket cewe disana (ngayal lo ta ta, lari aja gak jauh beda ama siput ck)
bisa dibayangin? gimana kalo gue masuk sekolah masak dan setiap hari kerjaan gue masak dan menciptakan resep baru, gue pasti bisa jadi koki terkenal dan kaya raya punya banyak restoran
bisa dibayangin? gimana kalo gue belajar ilmu arsitek aja dari sekarang? bisa jadi arsitek hebat nantinya
bisa dibayangin? gimana kalo gue baca alquran dan terjemahannya doang setiap hari? gue bisa jadi ustadzah. apalagi kalo ilmu alquran dicampur sama psikologi, berapa banyak manusia yang bisa terbuka pintu hatinya karena ceramah gue

itulah mimpi mimpi gue, gue putuskan untuk terus sekolah tanpa tujuan, tanpa tahu apakah ilmu yang udah gue dapet.tanpa tahu gue akan menjadi orang yang berhasil atau engga.

buat yang masih bingung dan takut menghadapi masa depan, mudah mudahan bisa belajar dari kata kata dibawah ini:

1. engga akan pernah bisa sukses kalo mau bisa menguasai semua hal, cukup satu hal, lalu fokus, dan kamu sukses
2. dimana pun lo sekolah, engga ngaruh, semua tergantung manusianya sendiri apakah lo terpengaruh lingkungan atau tidak?
3. jangan pernah takut untuk kalah atau gagal, kalo kamu takut kalah, atau takut gagal, berarti kamu sombong, dan ga percaya kekuasaan Tuhan yang bisa melakukan hal apapun, temasuk membuat kamu kalah
4. ijazah itu engga penting, yang penting ilmunya

0 komentar:

Posting Komentar